Pembukaan : Kamis, 12 Desember 2013, Pukul 18.30 Wita

Pameran untuk umum : 13 – 22 Desember 2013, Pukul 10.00 – 18.00 Wita

 

Sebagaimana telah menjadi tradisi menjelang ulang tahun Harian Kompas, diselenggarakan pameran ilustrasi cerpen Kompas yang telah dirintis sejak 2003. Pameran tersebut menghadirkan karya-karya para perupa yang sepanjang tahun 2012 telah merespon secara bebas karya cerpen yang akan dimuat di lembar budaya Kompas Minggu. Pameran yang diselenggarakan di Bentara Budaya Bali kali ini adalah kelanjutan acara serupa yang telah diadakan di Bentara Budaya Jakarta, Bentara Budaya Yogyakarta dan Balai Soedjatmoko Solo.

Mengetengahkan karya-karya asli yang dikerjakan para seniman, dengan beragam teknik, bentuk, serta medium. Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang sembilan kalinya, (kecuali absen di 2004). Sebagaimana tahun sebelumnya, di dalam katalog dipresentasikan pula catatan dari pengamat seni rupa dan sastra, yang mencoba mengkiritisi upaya mendialogkan antara rupa dan kata, atau seni rupa dan seni bahasa, dalam hal ini cerita pendek.

Pameran kali ini menghadirkan 48 karya ilustrasi. Seniman-seniman yang terlibat dalam pameran ini berasal dari berbagai kota di tanah air, antara lain : Kun Adnyana, Suta Kesuma, M. Bundhowi, Made Muliana “Bayak”, I Made Galung Wiratmaja, Ketut Suwidiarta, I Made Jendra, Kemal Ezedine, Putu Sudiana “Bonuz”, I Kadek Ardika, I Made Djirna, K Nawasanga, Made Wiradana, Ni Tanjung, Mahendra Mangku, Amrizal Salayan, Hadi Soesanto, Nasirun, Ipong Purnama Sidhi, Mia Diwasasri, Ridi Winarno, Yuswantoro Adi, Deden Hendan Durahman, S Sarwoko, Irfan Hendrian, Hanafi, Butet Kertaredjasa, Zusfa Roihan, Giring Priatyasono, Zixo Albaiquni, Nunung Rianto, Jeian, Sigit Santoso, Moelyono, Koxis Verserken, Hartono Wibowo, Melodia, Susilo Budi Purwanto, Putu Sutawijaya, Oco Santoso, Bayu Wardhana, Rudi St Darma, Bambang Pramudiyanto, Rahardi  Handining, Hari Budiono. Mohammad Ady Nugeraha, Samuel Indratama, Endra Kong.

 

Eksebisi keliling ini telah berlangsung di Bentara Budaya Jakarta pada 27 Juni – 6 Juli 2013, Bentara Budaya  Yogyakarta pada 20 hingga 29 Agustus 2013, Balai Soedjatmoko Solo pada 7 hingga 13 September 2013, dan terakhir Bentara Budaya Bali, 12 hingga 22 Desember 2013.