Pameran Seni Fotografi
LIMA PULUH TAHUN BERKARYA TJANDRA KIRANA
Pembukaan : Minggu, 29 Juni 2014, pukul 18.30 Wita
Pameran untuk umum : 30 Juni – 7 Juli 2014, pukul 10.00 – 18.00 Wita
Artist Talk : Selasa, 1 Juli 2014

dialok aMulai menekuni dunia fotografi sedari usia 15 tahun, Djaja Tjandra Kirana tak kunjung putus berkarya. Setelah hampir 50 tahun menggeluti dunia fotografi, lelaki kelahiran Denpasar tahun 1944 ini masih terus menempuh jalan berkesenian dan mencoba berbagai kemungkinan kreatif. Pada pameran tunggalnya kali ini, akan dihadirkan karya-karya masterpiece-nya, baik yang hitam putih maupun berwarna, berikut menyandingkan dan membandingkan moment-moment terpilih dari kurun waktu yang berbeda. Di samping itu, secara khusus akan disertakan aneka ragam kamera yang menemani Tjandra Kirana berkarya selama ini, sebentuk memorabilia yang menggambarkan pula transformasi dunia fotografi di Indonesia.

bakar pepesan Sepanjang karirnya sebagai seniman, Tjandra Kirana telah menghasilkan banyak karya dalam berbagai periode ciptanya. Karya-karya tersebut menggambarkan pula perjalanannya yang lintas kota, pulau dan negara, di mana ia tak pernah lepas dari kamera, guna mengekspresikan pandangan hidupnya melalui sederatan moment-moment tertentu yang sejatinya tak berulang lagi. Segala teknik memotret dan penguasaan akan penataan cahaya, hingga berlama-lama di kamar gelap, berbanding lurus dengan transformasi kepribadiannya sewaktu memandang kehidupan. Lantaran itu pula, karya-karyanya bukan sesuatu yang sepenuhnya faktual, melainkan merefleksikan pengharapan serta keyakinannya akan hal-hal baik di dalam kehidupan atau nilai-nilai hakiki. Karya fotonya adalah sebuah dunia rekaan, yang pada ambang batas tertentu memperkaya kenyataan kita.

d_tjandra_kiranaTjandra Kirana meraih berbagai penghargaan nasional maupun internasional, antara lain Shanghai International Lung Jing Shan Photography Art Award; Gold Trophy (2009), Salon Foto Indonesia XXIX, Malang Photo Club, Special Award Pariwisata (2008), Silver medal in the category Black and White Photography at the International Salon ogf Photography in Singapore (1982), dan sebagainya. Ia juga telah memperoleh sederetan gelar di bidang fotografi yakni: PSA*, A.RPS, A.LFCN, A.NPC, E.FPSI, A.FPSI*, F.RPS.I, F.BPS,dan F.SCC. Sedari tahun 1975 hingga 2012, ia berpameran di banyak tempat, dalam maupun luar negeri seperti di Singapore, India, Beijing, Hongkong, Thailand, Malaysia, Taiwan, Makau, Philipina dan sejumlah pameran di dalam Negeri (Jakarta, Bandung, Semarang, Jogyakarta, Surabaya, Makasar, Batam, Malang, Bali). Tjandra Kirana bersama rekan-rekan semasa fotografernya juga mendirikan PFB (Perhimpunan Fotografer Bali) yang masih eksis hingga sekarang.Selain pameran foto, acara ini akan dimaknai pula dengan pemutaran dokumenter serta dialog kreatif seputar proses berkarya Tjandra Kirana.