Akademika Bentara

ENERGI PENCIPTAAN MENINGKATKAN DAYA KREASI SENI & BUDAYA
Minggu, 7 September 2014, pukul 08.00 – 15.00 WITA

Ilham adalah kunci penciptaan. Sejarah seni mengungkapkan bahwa terdapat beragam kiat untuk membangkitkan energi kreatif tersebut, termasuk di antaranya momen kontemplasi atau upaya-upaya meditatif.

Belakangan dikembangkan satu metode pendorong energi kreatif yang bertujuan meningkatkan kinerja pikiran/otak agar mampu berkarya lebih maksimal dan menyalurkan energi penciptaan secara optimal. Di Indonesia mulai pula tumbuh aneka komunitas yang mendedikasikan peran sosialnya untuk membangun dan mengembangkan olah energi semacam ini. Di antaranya adalah reiki, kundalini, gerakan cinta kasih dan lain-lain—yang tak jarang memadukan dasar-dasar saintik ilmiah Barat dengan penemuan olah diri ala Timur, sebentuk akulturasi yang layak dikaji dan dipelajari lebih dalam lagi.
Akademika Bentara kali ini, Kultivasi Q-Rak, menitikberatkan pada aktivitas meditasi, mendekatkan diri pada lingkungan dan sentuhan kemanusiaan, sehingga memungkinkan terciptanya daya kreatif tiap pribadi maupun secara kebersamaan. Apa dan bagaimana Kultivasi Q-Rak membangkitkan energi kreatif dan daya penciptaan serta metode universalnya, Akademika Bentara akan membincangkan hal tersebut bersama tiga narasumber: I Made Suar, Made Gede Suryanatha dan I Wayan Priana Putra. Ketiganya adalah penggiat seni budaya dan aktivis sosial yang memperoleh pengalaman dalam menerapkan metode serupa tersebut.

I Made Suar, seniman kelahiran tahun 1987, merupakan pemain drama dan aktif dalam Utsawa Dharma Gita. Ia menulis puisi berbahasa Bali dan telah dimuat di beberapa media, termasuk Bali Post.

I Wayan Priana Putra, kelahiran tahun 1989, menekuni seni lukis dan meraih berbagai penghargaan dalam lomba melukis di Bali. Ia juga merupakan pengajar kesenian di salah satu lembaga pendidikan di Denpasar.

Made Gede Suryanata, kelahiran Denpasar tahun 1984. Selain aktif sebagai arsitek dan sempat diundang berbagi pengalaman di Jepang, ia juga memiliki studio dan secara khusus memberikan pelatihan desain serta seni.