Setelah sebelumnya menyelenggarakan Festival Film Internasional 2013 bertema ‘Ibu dan Anak’ yang didukung oleh 15 pusat kebudayaan negara sahabat dan menghadirkan film-film terbaik dan sutradara peraih Oscar, Cannes dan sebagainya dari Perancis, Iran, Tunisia, Jepang, Indonesia dan lainnya, Bentara Budaya Bali kembali menyelenggarakan festival serupa dengan format agenda berkala bulanan, yang akan berpuncak pada festival dengan tema ‘Kembali ke Rumah’ di akhir 2014 ini.

Format agenda berkala ini telah diawali pemutaran film cerita dan dokumenter bulan Juni 2014 lalu, “Story of Home”, menghadirkan film dari Kamboja, Tiongkok, Vietnam, Myanmar, India, dan juga Indonesia, berikut sutradaranya Aun Nwai Ha dan Nguyen Thi Tam. Ada pula program kerjasama dengan Balinale dan Kedutaan Besar USA untuk menyelenggarakan Sundance Film Forward pada September 2014 ini.

Serangkaian Festival BBB dengan agenda berkala tersebut, bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Movie Day ACFFest 2014 akan mengetengahkan beberapa program, yaitu program talkshow dengan Pimpinan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pemutaran film-film nominasi dari ACFFest 2013 serta workshop Citizen Journalism dengan narasumber Ariani Djalal dan Dewi Laila Sari.

ACFFest adalah festival film di Indonesia yang bertujuan menggugah kesadaran dan meningkatkan gerakan anti-korupsi melalui media film. Dengan kesadaran yang meningkat, diharapkan mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam pencegahan & pemberantasan korupsi.

Ariani Djalal bekerja sebagai jurnalis lepas, produser, penulis, dan sutradara film-film dokumenter serta fitur berita untuk televisi. Karyanya antara lain Born In Aceh (2004), Woman and Syariah Law (2007), Struggling for Living (2008), Friday Lunch (2009) serta Layu Sebelum Berkembang (2014). Dewi Laila Sari adalah eksekutif produser untuk acara citizen journalism yang bernama NET 10 di stasiun televisi NET.

ACFFest diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Management Systems International (MSI) dan USAID. Kali ini adalah tahun kedua pelaksanaan ACFFest dengan malam puncak penghargaan akan dilaksanakan di Yogyakarta bulan Desember 2014.