minikino_web-benner-2ndmfw-international-short-film-festival-baliSejumlah film pendek akan ditayangkan di Bentara Budaya Bali serangkaian MINIKINO FILM WEEK (MWF) tahun 2016. Festival Film Pendek Internasional di Bali yang dimulai sedari tahun 2015 ini merupakan kerjasama MINIKINO dengan sejumlah lembaga termasuk Bentara Budaya Bali. Bila pada tahun sebelumnya (2015), festival ini menampilkan 88 film pendek dan 6 film panjang, kini setelah melalui seleksi ketat dari total 6.557 judul yang didaftarkan, akan diputar 253 karya film pendek lintas bangsa yang terbagi dalam beberapa program, serta 244 karya film pendek yang dapat diakses pada video-library selama festival berlangsung.

MINIKINO FILM WEEK 2016 berlangsung sedari tanggal 8-15 Oktober 2016 dengan mengusung tema “DOSIS FILM PENDEK UNTUK KESEHATAN KITA”, menegaskan kembali semangat yang mengawali seluruh kegiatan Minikino selama 14 tahun sebagai sebuah organisasi. Program ini akan digelar di sejumlah venue antara lain: Rumah Film Sang Karsa – Singaraja; Omah Apik- Gianyar; Desa Tulamben, Bale Banjar Desa Jemeluk- Karangasem,; Flux Lifeground- Kerobokan; Cafe Sikuno – Denpasar, Irama Indah- Denpasar, Wantilan Desa Sukawati- Gianyar, Apotek Viva Generik- Batubulan; serta Campuhan College – Gianyar.

Khusus untuk pemutaran film di Bentara Budaya Bali akan dihadirkan film-film terpilih dari Indonesia Raja 2016 Yogyakarta, Indonesia Raja 2016 Bandung, S-Express 2016 Indonesia, Shorts For Children 1, serta Short Animation 2.

Festival film pendek ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat umum (di Bali khususnya) guna menyaksikan pencapaian termutakhir karya-karya film pendek Indonesia, Asia tenggara dan negara-negara Internasional lainnya termasuk karya-karya dari Eropa dan Amerika. Selain itu, program ini juga dimaksudkan untuk membangun jaringan kerja dan komunikasi antar para pembuat film pendek di Indonesia dan luar negeri.

Informasi selengkapnya perihal program MFW 2016, jadwal pemutaran serta sinopsis film dapat disimak pada http://www.minikino.org atau http://www.bentarabudayabali.wordpress.com.

FIlM-FILM YANG DIPUTAR:
Indonesia Raja 2016 Yogyakarta

Semalam Anak Kita Pulang
Adi Marsono-Four Colours Films/ Yogyakarta/ 2015/ 12:41

Bercerita tentang seorang Ibu yang merindukan kepulangan si anak. Sejak si anak pergi, berangkat kerja ke tempat yang jauh, Ibu ini tak lagi mendengar kabar dari anaknya. Kerinduan yang pada akhirnya menghadirkan bayangan dan kenangan akan si anak.

Award :
Best Short Film, Comedy/Drama Category XXI Short Film Festival 2016
Director Statement : Film ini terinspirasi oleh cerita para TKI.Bertahun-tahun mereka kehilangan komunikasi dengan keluarganya. Ada beberapa di antara mereka yang baru dapat bertemu setelah mereka tua.Bahkan beberapa di antara mereka yang menjadi gelandangan.

Lalu bagaimana dengan keluarga yang mereka tinggalkan? Tidak ada kabar dan berharap mendapat kabar dari orang yang mereka cintai. Hari demi hari.

Melalui film ini, saya ingin memotret kehidupan seorang ibu yang sedang menunggu kepulang ananaknya. Dan bagaimana penantian dan kenangan bersama anaknya pada akhirnya menciptakan bayang-bayang baginya.

Profil Sutradara : Adi Marsono lahir di Jogjakarta, Indonesia. Menempuh studi di UGM Jogjakarta, mengambil jurusan Antropologi Fakultas Sastra dan Budaya. Sejak SMA dan kuliah telah aktif di kegiatan teater, dan tahun 2003 mulai terlibat dalam berbagai produksi film pendek sebagai aktor. Belajar membuat film secara otodidak dengan melibatkan diri sebagai asisten sutradara. “Semalam, Anak Kita Pulang” adalah karya film pendeknya yang pertama, sebagai penulis dan sutradara.

Nilep
Wahyu Agung Prasetyo / Ravacana Films/ Yogyakarta/ 2015/ 9:10

Sekumpulan anak sedang berkumpul di pos ronda, mereka saling berdebat karena salah satu dari mereka mencuri mainan, hingga akhirnya situasi berubah menjadi saling menyudutkan anak yang mencuri dan mereka pun saling menyalahkan.

Award :
Film Terfavorit Festival Film Pos Indonesia 2015
Film Pilihan Juri Anti Corruption Film Festival 2015
Film Fiksi Pendek Terbaik Anti Corruption Film Festival 2015
Finalis Film Pendek Festival Film Pendek Indonesia 2015
Film Fiksi Pendek Terbaik Drama/Comedy Pilihan Juri Media XXI Short Film Festival 2016
Director Statement : Saya berharap film Nilep dapat bertemu penonton sebanyak-banyaknya melalui program Indonesia Raja ini.

Profil Sutradara : Wahyu Agung Prasetyo atau yang kerap disapa Koclak dilingkungan teman-temannya, lahir di Jakarta 5 agustus 1993. Mengenal film bersama komunitas Cinema Komunikasi UMY, saat ini agung mendirikan Ravacana Films.

Sasi Takon
Wawan Sumarmo / Syahdu Film/ Yogyakarta/ 2015/ 17:00

Sasi, anak delapan tahun yang sering kutuan. Dia punya pertanyaan yang membuat ibunya pusing untuk menjawab. Apa yang tidak disadari oleh si Ibu adalah Sasi bisa saja mengembangkan pertanyaan dari apapun jawaban yang diberikan.

Director Statement : ‘Petan’ adalah kegiatan intim yang dilakukan untuk menghilangkan kutu dari kepala orang lain. Disadari atau tidak, petan membawa kedekatan istimewa di antara mereka. Film ini memaknai ulang sentuhan sebagai perwujudan kasih sayang antara orangtua dan anak. Sentuhan yang member kenyamanan dan perasaan aman untuk si anak bisa bebas bertanya tentang apapun yang merisaukannya.

Profil Sutradara : Wawan Sumarmo (1981, Wonogiri, Indonesia) telah membuat film pendek, video music dan film televise sejak masa kuliahnya. Dokumenter garapannya telah diputar di beberapa festival baik di Indonesia maupun Asia. Baginya film bukanlah persoalan durasi dan genre semata; melainkan film adalah sebagai cerminan dunia manusia beserta segala ceritanya. Jadi film adalah sebuah cara bagaimana cerita itu disampaikan.

Bawang Kembar
Gangsar Waskito / Studio Kasat Mata/ Yogyakarta/ 2015/ 18:00

Ada dua saudara yang saling menyayangi bernama Rara dan Puput. Ketika sedang bermain di hutan, mereka menemukan sebuah rumah raksasa. Rara pun memutuskan untuk masuk. Di dalamnya ada banyak sekali mainan dan barang-barang unik yang belum pernah mereka lihat sebelumnya, termasuk sebuah sebuah patung raksasa yang terdapat di tengah ruang. Rara pun bermain-main dengan benda itu hingga tidak sengaja memecahkannya berkeping-keping. Mengetahui hal ini, murkalah si raksasa pemilik rumah, Nini Buto Ijo. Rara dan Puput sangat ketakutan. Rara mengajukan diri untuk menerima hukuman karena semua ini adalah kesalahannya. Tapi yang dilakukan Nini justru lebih kejam, ia menyihir wajah Puput menjadi tokek. Nini menuntut agar patung tersebut diperbaiki seperti sedia kala sebelum matahari terbenam. Apabila gagal, Puput akan menjadi buruk rupa untuk selama-lamanya.

Director Statement : Indonesia memang kaya dengan cerita rakyat, tapi kadang cerita-cerita itu sudah kurang relevan dengan keadaan sekarang. Terinspirasi dari Disney, saya mencoba mengolah salah satu cerita rakyat menjadi dongeng versi modern yang sesuai dengan nilai-nilai kekinian. Bawang Kembar mengadaptasi cerita rakyat Bawang Merah Bawang Putih sebatas ke-“ada”-an karakternya saja yang saya plot bertolak belakang dengan cerita aslinya.Ada sosok Bawang Merah (saya kasih nama Rara) dan ada sosok Bawang Putih (namanya Puput). Rara adalah anak yang berani, pede, dan pintar sedangkan Puput sifatnya penakut, polos,dan bodoh. Konflik Bawang Kembar berkembang saat diperkenalkan Nini Buto Ijo,tokoh antagonis yang saya rasa tidak jahat. Benda kesayangannya dirusak oleh Rara, maka sudah sewajarnya ia murka. Pendekatan antagonis seperti ini terinpirasi dari gaya bertutur Ghibli yang seringkali menyajikan konflik tanpa melibatkan orang-orang jahat.

Profil Sutradara : Gangsar Waskito lahir di Jakarta, besar di Jogja. Menekuni dunia film dari komunitas film indie (live shoot) kemudian beralih dunia animasi hingga sempat menjadi sutradara film animasi panjang pertama di Indonesia.

Indonesia Raja 2016 Bandung

PULANG
Putri Rienda Haifa | Jarak Production | 2014 | 5:34

Setelah enam belas tahun meninggalkan tanah air, perempuan itu memutuskan untuk kembali pulang. Rasa rindu yang mendalam telah mendorongnya untuk mengumpulkan kembali kenangan-kenangan masa kecil, yang dulu ia tinggalkan di kota kelahirannya. Sebuah bioskop, menjadi tempat yang teramat istimewa, sebab di sanalah ia pernah demikian erat bercengkerama bersama orang-orang yang dikasihi.

Award:
Top 5 film Sinemars 2014
Bandung youth short film competition 2014 : Nominasi ide cerita terbaik
Official selection brawijaya movie exhibition 2014
Official selection Psychology Film Fest 2014
Official selection pesta film airlangga 2014
Official selection Moviekom 2015
Official Selection Sewon Screening 2015
Official selection Ganffest 2016
Profile Sutradara: Lahir di Bandung, 3 Juni 1991. Kecintaannya pada dunia “di balik layar” sudah dimulai sejak masa anak-anak. Saat itu ia sudah gemar “bermain-main” dengan kamera, mengarahkan peran, kemudian merekamnya menjadi cerita. Pecinta desain, film, & fotografi ini, baru saja menyelesaikan kuliah S1 Desain Komunikasi Visual dari Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung. JARAK menjadi karya perdananya sebagai sutradara, dan sukses mengantarkan debut karyanya tersebut meraih sejumlah penghargaan.

LAPAR
Dendie Archenius | Loper Film | 2014 | 16:37 Pada saat yang bersamaan, seorang pemotong rumput, senja di sebuah padang rumput, bersama seekor kuda yang sedang menikmati makan rumput.

Award:
Official selection Ganffest 2016
Official selection Psychology Film Fest
Profile Sutradara: Lahir di Medan, Indonesia 24 tahun yang lalu. Memutuskan untuk pindah ke Bandung dan mulai membuat film pendek sejak 2010.

MONTAGE OF EDELWEISS
Irvan Aulia | Rasamala Film | 2015 | 10:43

Montage of Edelweiss bercerita tentang perjalanan menuju pendakian oleh sepasang kekasih yang merasa perlu melakukan yang sama-sama merasa perlu melakukan sesuatu yang baru berdua.

Director statement: Pada Montage of Edelweiss, saya sedikit bereksperimen tentang sejauh apa saya bisa menggiring sebuah visual menjadi sebuah statement.

Profile Sutradara: Irvan Aulia adalah seorang Sarjana Seni lulusan FSRD ITB yang lulus di tahun 2014. Selain tengah sibuk membangun sebuah startup digital media di Bandung, saat ini Irvan bekerja sebagai seorang freelance di bidang videography, graphic design dan mural (wall painting).

LIE=PRAY
Pria Yudi Pamungkas | Semart Production | 2014 | 3:12

Rasa yang harus dipilih, memilah dan memilih. kita tidak akan tau mana yang baik dan buruk.. ketika kita tidak tau apa yang akan dipilih.

Profile Sutradara: Lahir di jakarta 12 september 1992, dari musik, teater dan akhirnya berjuang menjadi film maker.

ANGAN
Shadiq Hassan Heyder | Liga Film Mahasiswa ITB | 2016 | 2:30

Seorang lelaki yang berusaha menghibur seorang gadis yang sendiri

Director statement: Film ini melambangkan jiwa diri seseorang yang jika dilihat sekilas adalah penghibur bagi banyak orang, namun dirinya sendiri memiliki kesedihan yang teramat dalam.

Profile Sutradara: Shadiq Hassan Heyder, lahir di Jakarta 30 Januari 1998, adalah seorang mahasiswa Institut Teknologi Bandung dan anggota tetap Liga Film Mahasiswa ITB. Hobinya adalah berfilm, bersepeda, dan bermain ping-pong.

S-EXPRESS 2016: INDONESIA

SINAMPURA (APOLOGIZE)
Indonesia | 2015 | 11 minutes | Documentary | Sutradara Oka Sudarsana

Dalam upacara Wraspati Kalpa yang suci dan langka di Pura Nataran, Br. Belang Sembung Village, Mengwi-Bali, ternyata ada kesalahan warga yang tidak menyenangkan para leluhur yang berkuasa.

UDHAR
Indonesia | 2014 | 15 minutes | Fiction |Sutradara Tunggul Banjaransari

Sekembali dari perjalanan Haji, seorang ibu bermimpi bahwa cincinnya yang hilang ditemukan seseorang di Mekkah.

NENG KENE AKU NGENTENI KOE (HERE, I’M WAITING FOR YOU)

Indonesia | 2015 | 22 minutes | Fiction |Sutradara Jeihan Angga

Intan dan adiknya, Bondan ingin pergi ke Jakarta menyusul orangtuanya. Mereka diantar oleh Anjar, pacar Intan yang ragu dengan niatan itu.

JAGAWANA
Indonesia | 2015 | 25 minutes | Fiction | Sutradara Svetlana Dea

Arjani mengikuti seorang nenek di dalam hutan dan ia tersesat ke dalam dunia misterius Jagawana.
SHORT ANIMATION 2

PAPIERS D’ARMÉNIE (ARMENIAN PAPERS)
Belgium | 2015 | 06:33 |Sutradara Ornella Macchia

Pada pasar Yerevan, seorang penjual mengundang kita menikmati buah-buahan dan sejarahnya.

LOSE IT
Singapore | 2014 | 07:26 |Sutradara Fanny Bratahalim

Bagaimana tubuh perempuan disajikan di media dan bagaimana itu mempengaruhi perspektif orang.

BANG BANG !
France | 2014 | 11:36 |Sutradara Julien Bisaro

Tersesat di hutan, tempat ayahnya berburu, Eda bertemu seekor anjing pink.

TYPEWRITERHEAD
Germany | 2015 | 04:16 |Sutradara Eric Giessmann

Pria dengan kepala mesin-tik berusaha menghilangkan pikirannya yang tak terkontrol.

A SMALL VOICE
United Kingdom | 2016 | 01:59|Sutradara Michelle Brand

Seorang anak pemalu harus menghadapi orang tua yang memaksanya bernyanyi di depan keramaian.

ONE DAY IN JULY
Italy | 2015 | 02:12 Sutradara Hermes Mangialardo

Seorang anak sedang bermain di pantai, tapi datang seorang tentara dengan senjatanya.

NEW
Japan | 2015 | 11:45 |Sutradara shota Arima

Sebuah paus mercusuar bertemu mahluk aneh di kedalaman laut.

SLINKY
Netherlands | 2016 | 05:00 |Sutradara Rianne Stremmelaar

Sifat-sifat beberapa orang dibandingkan dengan binatang.

MRS. METRO
Australia | 2015 | 04:22 |Sutradara Aggelos Papantoniou

Tak seorangpun perduli dengan bayi yang tertinggal di dalam kereta.

UN OBUS PARTOUT (SHELL ALL)
France | 2015 | 08:50|Sutradara ZAVEN NAJJAR

Untuk menemui tunangannya, Gabriel harus melintasi jembatan yang dijaga oleh para penembak jitu.

SHORT FOR CHILDREN

VON DER SUCHE NACH EMPFANG (TRYING TO CONNECT)
Germany | 2015 | 04:30|Sutradara Stefan Bürkner

A guy flirts with a girl via chat even though she is sitting right next to him. A poetry of a digital and wireles

PREY
Belgium | 2015 | 03:07 |Sutradara Laurence Verheijen

A leopard kills a mother monkey

 

RUBEN LEAVES
Switzerland | 2015 | 05:00|Sutradara Frederic Siegel

Ruben is haunted by obsessive-compulsive thoughts

CHOBAN (NO DIALOGUES)
Croatia | 2014 | 18:20|Sutradara Matija Pisačić

Choban starts the search of Layka, his female dog that was kidnapped and then launched to Space.

SERIOUSLY DEADLY SILENCE
Denmark | 2015 | 01:03 |Sutradara Sara Koppel

A one minute moment of 60 endangered species.

APOLLO, DAPHNE AND DARKNESS
Czech Republic | 2014 | 04:57|Sutradara Martina Mrazova

Apollo with his boundless desire completely destroyed the relationship between him and Daphne.

CIALO OBCE (FOREIGN BODY)
Poland | 2016 | 06:40|Sutradara Marta Magnuska
A story about something that’s considered to be strange at first but turns out to be the dearest thing to us.

KITSUNETSUKI (FOX FEARS)
Japan | 2015 | 07:37 |Sutradara Miyo Sato

A young boy named Bunroku learns an old superstition about the fox.

PUTAIN
Belgium | 2015 | 05:15|Sutradara Cypria Donato
The complex sensations experienced by six female characters in their daily life as prostitutes

TÚ NO ERES EL MÁS FUERTE (YOU ARE NOT THE STRONGEST)
Spain | 2016 | 01:00|Sutradara Emilio Yebra

A hunter is searching for a new trophy for his collection.

RAINBOW: A STORY ABOUT LIFE
Brazil | 2015 | 02:47|Sutradara Eduardo Wahrhaftig

The last moments of a couple told through the colors of the rainbow.