PENGANTAR REKTOR UNIVERSITAS UDAYANA

Om Swastyastu,

image001Film merupakan salah satu karya seni dengan usia dan perjalanan yang amat panjang. Ia terbukti memberikan sumbangsih bagi kesenian dan sejarah sosok individu, kelompok masyarakat bahkan juga suatu bangsa. Film sekaligus mencerminkan peradaban dan memberikan pelajaran baru bagi masyarakat kini maupun di masa mendatang.

Festival Film Internasional Bentara Budaya Bali 2013 ini merupakan agenda penting dalam mengapresiasi peranan film di masyarakat, utamanya terkait usaha edukasi dan kontribusinya yang kritis terhadap dinamika sosial masyarakat. Bahkan, film juga sejalan dengan proses sejarah suatu bangsa, tecermin dengan berbagai wujudnya yang inspiratif dan ekspreif. Sungguh dapat dirasakan bahwa film sejatinya mewarnai dan mempengaruhi perjalanan suatu bangsa.

Kami berbahagia dan berbangga atas inisiatif dari para mahasiswa Universitas Udayana yang tergabung dalam Udayana Science Club untuk melaksanakan festival film internasional yang bekerjasama dengan Bentara Budaya Bali ini, mengagendakan pemutaran film, diskusi dan workshop tentang film. Terlebih lagi, kegiatan ini bertujuan mengapresiasi dan menumbuhkan kecintaan generasi muda akan film dan segenap perannya, sekaligus juga memahami bagaimana karya seni ini dibuat.

Pada kesempatan yang baik ini, kami atas nama Universitas Udayana menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anak-anak kami para mahasiswa yang mempunyai inisiatif yang cemerlang, kepada seluruh insan film yang memberikan sumbangsih sehingga festival film ini dapat berjalan dengan baik, dan kepada seluruh rekanan dan sponsor yang memberikan kontribusi sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan gemilang. Semoga Festival Film ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Om Shanti Shanti Shanti Om

Denpasar, Juli 2013

Rektor Universitas Udayana

 

Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD

Leave Comments